(1) Apakah kamu adalah seorang roaster rumahan?

 In #5 Roaster Rumahan, Home Roasting

Read this in English

Apa itu home roasting? Jarang sekali kita mendengar istilah ini namun aktivitas ini sebetulnya telah banyak berdampak pada budaya kopi kita.

Di satu sisi, menyangrai kopi di rumah sangat mirip dengan menyeduh kopi di rumah. Home roasting adalah sebuah hobi yang biasanya dilakukan untuk memuaskan rasa penasaran dan sensasi berpetualangan. Tanpa tuntutan untuk menjual hasil sangraian, sang roaster rumahan memiliki kebebasan untuk mengeksplorasi berbagai origin.

Tapi memanggang di rumah bukanlah sebuah fenomena baru, dampak dari budaya gelombang ketiga. Kegiatan ini tidak hanya umum dilakukan oleh mereka yang sudah akrab dengan dunia kopi; yang memahami origin, processing, tasting notes, dan setidaknya, adalah penyeduh kopi yang baik.

Pada kenyataannya, budaya kopi telah ada jauh sebelum gelombang kopi pertama. Menyangrai kopi di rumah adalah bagian penting dalam berkembangnya budaya kopi lokal yang dinamis, baik sebagai kegiatan komunitas maupun bisnis rumahan.

Dalam edisi ini, kita akan bertemu roaster rumahan di Indonesia dengan berbagai latar belakang dan tujuan yang berbeda. Kita akan melihat bagaimana aktivitas rumahan ini berkembang selama berabad-abad, dimulai dari era kolonial di mana para roaster rumahan mencampurkan kopi dengan jagung atau tepung, hingga era gelombang ketiga di mana menyangrai di rumah menjadi sarana untuk memahami origin.

Kita akan bertemu dengan para roaster rumahan yang juga pemilik usaha kecil dan seorang aktivis, roaster rumahan tradisional, dan mereka yang senang menyangrai untuk mendapatkan hasil biji kopi paling fresh.

… to be continued

Ibrik pun Bisa untuk Menyangrai
Happening Now : Coffee's Fourth Wave


Leave a Comment

0