THE PLAYLIST

Click articles for summary or full translations in Indonesian or English

Antara Value Chain dan Industri 4.0


Read in English

Radiv Annaba, akademis kopi yang sedang mempelajari seluk-beluk value chain, mengajak kita untuk berpikir kritis mengenai program-program pemerintah yang seringkali kurang implementatif. Dalam diskusinya bersama Indah Febryyani, ia juga menelusuri pentingnya mencari cara untuk mendapatkan data yang komprehensif yang bisa dimanfaatkan oleh berbagai pelaku kopi, hulu-hilir. Dengan Industri 4.0 yang semakin menyusup ke keseharian kita, apakah teknologi digital adalah solusi untuk menyeimbangkan value chain ini?

0
Read More

Es Kopi Susu: Powered by Apps


Read in English

Sebuah kios kopi di Denpasar dipenuhi anak-anak muda yang mengantri panjang, menunggu gilirannya mendapatkan es kopi susu dengan gula aren dan jus alpukat di dasarnya. Di sebelah mereka, ada sebuah antrian yang lebih panjang lagi, dipadati oleh supir-supir ojek berseragam yang terkadang masih mengenakan helmnya, tangannya sibuk memastikan orderannya lewat handpone.

0
Read More

Menceritakan Desa Pedawa Melalui Kopi


Beragam latar belakang dan tujuan banyak orang menggunakan e-commerce. Mulai dari kemudahan dikenal oleh pasar di pulau seberang, transaksi jual-beli yang lebih ringkas, juga kesempatan bercerita tentang produk tersebut yang lebih banyak. Hal tersebut dibenarkan oleh seorang pengusaha desa Pedawa, Ketut Sudiarta, yang meneruskan usaha orang tuanya untuk memproduksi Kopi Moola Pedawa. Ketut Sudiarta pun menjelaskan bahwa memaksimalkan berbagai platform berjualan online sangatlah penting di zaman sekarang. Melalui e-commerce juga orang luar bisa mengenal dan tahu tentang kopi Pedawa itu sendiri.

0
Read More

Pulang: Melihat Kopi Malino Dari Kejauhan


Beberapa kali berbincang dengan petani yang sudah berumur, salah satu celoteh yang sering terdengar adalah bagaimana melanjutkan usaha pertanian jika anak-anak mereka memilih merantau ke kota besar. Memang tantangan di kota terkadang terlalu menggoda untuk anak muda. Namun sekarang ini, ketika dampak specialty menuntut perhatian yang lebih jauh ke hulu, kopi sendiri lah yang seringkali membawa para perantau kembali pulang.

Mungkin kalian sudah kenal dengan Yolan Tirta. Kopi Enrekangnya, hasil dari kebun kopi ibunya, adalah salah satu kopi asal Sulawesi yang selalu terpercaya kualitasnya.

0
Read More

Profil: Otten Coffee


Membicarakan geliat industri kopi di Indonesia selama beberapa tahun terakhir tampaknya takkan pernah lepas dari satu nama e-commerce yang menspesifikasi dirinya terhadap bidang ini. Otten Coffee bergeliat sejak 2013 menjual beraneka biji kopi dan alat-alat kopi muncul bersama momentum paling tepat di saat kopi sedang hangat-hangatnya.

Robin Boe dan Johni Kusno sebagai dua pendiri Otten Coffee melihat jeli kebutuhan pasar akan industri kopi yang bertumbuh ini. Alih-alih berdiam diri menjual biji kopi dan alat kopi secara off-line, pada 2014 keduanya memutuskan untuk menggeser Otten Coffee ke ranah yang lebih besar. Ranah e-commerce!

0
Read More

Apa Itu Kopi Super Robusta Gesing?


Bagi perkebunan kopinya sendiri, titik pertumbuhan pesat bermula sejak label Super Robusta melekat pada kopi dari Desa Gesing. Super Robusta sendiri adalah istilah untuk biji kopi Robusta dari Puslit Koka (Pusat Penelitian Kopi dan Kakao) yang berkualitas di atas rata-rata. Berbeda dengan Fine Robusta yang berkaitan dengan tata cara perlakuan dalam perawatan kopi, Super Robusta adalah varietas yang memiliki perakaran yang lebih banyak, lebih tahan parasit, dan lebih berpotensi untuk menghasilkan produksi yang lebih banyak daripada robusta biasa.

0
Read More

Ngopi di Rutan: Sebuah Masa Depan Bagi Warga Binaan


Read in English

Tahun 2017, saya bertemu dengan Pak Riyanto dari Kerabat Ngopi untuk pertama kalinya dan mendengar idenya tentang membawa kopi ke rutan (rumah tahanan). Kala itu saya hanyalah menjadi pendengar yang baik.

Pembawaan Pak Riyanto tenang dan kalem, berbanding terbalik dengan idenya yang lantang. Tidak mencari popularitas, Pak Riyanto percaya betul bahwa siapapun berhak untuk masa depan yang lebih baik, meskipun mereka telah melakukan kesalahan yang dianggap fatal. Warga binaan rutan adalah salah satu golongan yang masa depannya “terampas”, namun Pak Riyanto ingin mengajak kita untuk memikirkan ulang pandangan ini. Pandangannya yang kuat inilah yang membuat pertemuan kami membekas di ingatan hingga saat ini.

0
Read More

Sistem Blockchain di Dunia Kopi


Blockchain sebetulnya tidak serumit yang kita kira.

Bayangkan sebuah sistem dari producer (coffee farmer) hingga consumer (kamu) yang transparan. Di mini market terdekat, kamu dapat menemukan sebungkus specialty coffee origin, lengkap dengan kisah sang petani kopi. Kamu tidak hanya belajar tentang daerah asal sang petani, namun juga berapa jumlah keluarganya, cita-cita anaknya, apakah sang anak bersekolah, apakah mereka sehat, hingga penghasilan petani kopi tersebut.

0
Read More

Singalong is a collection of essays on Indonesian coffee, expressed through fictions, non-fictions, and arts.
You can also purchase the green beans from our stories here.

TASTE THEIR JOURNEY

hello@readsingalong.com

0