Taste the coffee journey

INDONESIAN | STORYTELLING | HOME-ROASTING

Edisi 4

“Gelombang Kopi Robusta”

Specialty Arabika boleh saja tenar, namun Robusta tengah menyusupnya dari belakang. Buah pemikiran third wave, di mana pelaku kopi memberi perhatian khusus kepada kopi Arabika, mulai digunakan untuk kopi Robusta. Hasilnya? Kopi Fine Robusta dengan kekayaan rasa yang tak kalah dengan specialty Arabika! Namun Robusta memiliki jauh lebih banyak cerita, mulai dari melawan climate change hingga menopang kehidupan ratusan roaster rumahan di Jakarta. Simak kisah-kisahnya di bawah ini!

THE PLAYLIST

Click articles for summary or full translations in Indonesian or English

Home Roasting: Goreng Saja Biar Ramai!


Read in English

Kalo dulu, orang roasting di rumah susah nyari kontak petani atau makelar biji kan. Kalau sekarang, petani aja punya sosmed. Mau macem apa aja ya ada tinggal pilih. Itu sih salah satu faktor yang membuatnya jadi trend.

Sebagai pelaku bisnis dia juga tidak menutup mata pada sektor penjualan online sehingga produknya dapat dibeli melalui salah satu market place.

0
Read More

Roaster Rumahan: Yosua Adetya


Home brewers mungkin sudah banyak, namun tidak dengan home roasters. Untuk mendapatkan roasted beans yang menjajikan, seringkali kita melempar tugas itu kepada para roaster saja. Padahal, seperti menyeduh, menyangrai juga adalah keahlian yang bisa dipelajari. Dan hobi yang bisa jadi menyenangkan. Di seri ini, yuk berkenalan dengan beberapa roaster rumahan dan ngobrol tentang jenis mesin, green beans, metode sangrai, dll!

0
Read More

Cara Nyangrai Santai


Read in English

Memang sudah semenjak dulu keluarga-keluarga di Indonesia menyangrai kopinya sendiri. Bukan hal yang aneh. Mereka mendapatkan biji kopi dari kebun sendiri atau kerabat, kemudian menyangrainya secukupnya. Tanpa alat pengukur yang macam-macam, bapak atau ibu ini sudah sangat terbiasa untuk mengandalkan indera mereka untuk menghasilkan kopi yang mewah di lidah. Ditambah lagi dengan fakta bahwa kopi yang fresh hanya bisa tahan satu minggu, menjamu tamu dengan kopi hasil sangrai sendiri sebetulnya adalah jamuan yang istimewa.

0
Read More

(2) Apakah kamu adalah seorang roaster rumahan?


Read in English

Ape perbedaan seorang roaster rumahan di Indonesia dan di negara Barat? Menyangrai di rumah sudah lama dikenali oleh masyarakat Indonesia. Namun, Gelombang Ketiga kopi mengubah itu semua. Begitu peminum mengerti bahwa kopi memiliki rasa yang berbeda tergantung pada originnya, misi untuk mengeluarkan dan memaksimalkan citarasa itu pun muncul. Ditambah lagi dengan internet dan belanja online, membeli green beans dalam jumlah kecil dari Afrika atau Brasil, bukan tidak mungkin lagi.

0
Read More

Ibrik pun Bisa untuk Menyangrai


Read in English

Brebes, sebuah kabupaten yang terletak di Jawa Tengah pun tak luput dari pergerakan kopi ini. Memiliki wilayah terluas kedua se-Jawa Tengah, bawang merah adalah komoditas utamanya, namun kebun kopi juga pelan-pelan bertambah luas. Dengan semakin banyaknya penggiat kopi dari hulu ke hilir yang bersinergi, semakin banyak pula pemikiran yang dapat diselaraskan demi mengembangkan industri kopi kota Brebes. Malah, dalam kisah di bawah ini, perkembangan home roastery-lah yang berperan sebagai motor penggeraknya

0
Read More
page 1 of 2

Singalong is a collection of essays on Indonesian coffee, expressed through fictions, non-fictions, and arts.
You can also purchase the green beans from our stories here.

TASTE THEIR JOURNEY

hello@readsingalong.com

0