Taste the coffee journey

INDONESIAN | STORYTELLING | HOME-ROASTING

Edisi 4

“Gelombang Kopi Robusta”

Specialty Arabika boleh saja tenar, namun Robusta tengah menyusupnya dari belakang. Buah pemikiran third wave, di mana pelaku kopi memberi perhatian khusus kepada kopi Arabika, mulai digunakan untuk kopi Robusta. Hasilnya? Kopi Fine Robusta dengan kekayaan rasa yang tak kalah dengan specialty Arabika! Namun Robusta memiliki jauh lebih banyak cerita, mulai dari melawan climate change hingga menopang kehidupan ratusan roaster rumahan di Jakarta. Simak kisah-kisahnya di bawah ini!

THE PLAYLIST

Click articles for summary or full translations in Indonesian or English

10 Rules on Cupping


Slurp! Pertama kali mengikuti cupping session, bunyi menyeruput yang kadang memekakkan telinga ini selalu mengundang tawa. Ada alasan mengapa. Ada juga alasan mengapa coffee cupping memiliki protokol yang cukup ketat. Namun cupping juga bisa dilakukan dengan santai, mudah, dan fun! Yuk ikuti beberapa tips di bawah ini untuk kegiatan cupping santai di rumah.

0
Read More

Yuk! Cupping di Rumah


Sudah mantap sangrai macam-macam kopi? Saatnya kita cupping! Cupping tidak hanya dapat dilakukan oleh lingkungan professional saja, namun juga di rumah untuk mengetahui kualitas biji dan kualitas sangrai kalian.

Cupping di kalangan professional memang memiliki protokol yang cukup kompleks, namun tidak perlu merasa terintimidasi! Cupping bisa juga dilakukan dengan cara sederhana, di rumah, dengan cangkir yang ada, untuk kita menambah kosakata tentang rasa.

0
Read More

Home Roasting Guide


Kadang kita lupa bahwa dahulu, orang menyangrai kopi tidak dengan mesin, namun dengan peralatan dapur yang sederhana. Waktu yang dibutuhkan juga sebenarnya tidak lama. Malah, dengan menyangrai kopi sendiri, kita bisa mendapatkan citarasa kopi fresh yang maksimal. Ikuti langkah-langkah di bawah ini untuk cara sederhana menyangrai kopi:

0
Read More

Jenis-Jenis Processing


Satu origin, ribuan rasa. Setidaknya, itu lah dasar dari berbagai macam processing yang ramai digarap dan dibicarakan untuk memberikan citarasa yang berbeda kepada beans yang sama. Processing sendiri adalah istilah untuk membedakan aktivitas fermentasi dalam kopi, yang di mana diketahui fermentasi inilah yang memberikan rasa kompleks pada kopi.

0
Read More

Part 5: Cara Tradisional Membuat Kopi


Audio dan transkrip ada di bawah ini. Ringkasan Part 1-4: Ada lubang yang sangat dalam di jalan. Di lubang itu, hutan telah tumbuh, penuh dengan semua jenis tanaman dan hewan. Juga ada hantu manusia yang telah pernah mengendarai sepeda motor, mobil dan truk ke dalam lubang dan mati di sana. Ada juga tumpukan sampah: kantong plastik dengan sayuran busuk, popok dan pembalut wanita, dan banyak lagi. Sampah telah dibuang ke lubang oleh manusia yang tinggal dekat. Empat roh hutan — Bumi, Api (diwakili sebagai Petir), Air dan Udara — berbentuk manusia. Seorang manusia yang terakhir mati di lubang, Pak Yus, juga muncul sebagai hantu. Pak Yus memberi tahu roh bahwa tampilan mereka sebagai manusia tidak terlalu meyakinkan dan bahwa mereka seharusnya belajar lebih baik. Ia menawarkan memperkenalkan mereka kepada beberapa manusia nyata. Roh-roh unsur setuju dan naik ke atas lubang. Pak Yus mengantar mereka ke kebun kopi campur yang sangat disukai roh-roh. Selanjutnya, ia janji akan memperkenalkan mereka kepada pemilik kebun. Dan Episode 5 dari Cara Tradisional Membuat Kopi dimulai … Baca Part 1, Part 2, Part 3, Part 4 Oleh Rob Finlayson [SFX: deng deng deng] Dalang: Selamat datang, bapak bapak, ibu ibu, anak anak. Selamat datang di Bab 5 dari Cara Tradisional Membuat Kopi. [SFX: deng deng deng] D: Anda akan mendengar ada inovasi dalam pertunjukan: musik! [SFX: deng deng deng] D: Oke, ini cuman pralon besar dan pralon kecil. Plastik saja bukan kayu lama dengan noda enak. Produsernya adalah pelit banget. Kata saya kepadanya, pertunjukan ini akan […]

0
Read More
page 1 of 3

Singalong is a collection of essays on Indonesian coffee, expressed through fictions, non-fictions, and arts.
You can also purchase the green beans from our stories here.

TASTE THEIR JOURNEY

hello@readsingalong.com

0