Profil: Otten Coffee

 In Sixth Edition, Uncategorized

Indonesians are some of the most active online users in the world. So it’s no wonder that an e-commerce platform specializing on coffee immediately becomes an attractive online destination for coffee lovers nationwide. We chatted with Robin Boe and Johni Kusno about their mission to #MengopikanIndonesia. 

Kopi di era kini tak sesederhana menyeduh dan dinikmati sendiri. Kopi menjelma satu zat yang dirayakan dengan banyak cara.

Membicarakan geliat industri kopi di Indonesia selama beberapa tahun terakhir tampaknya takkan pernah lepas dari satu nama e-commerce yang menspesifikasi dirinya terhadap bidang ini. Otten Coffee bergeliat sejak 2013 menjual beraneka biji kopi dan alat-alat kopi muncul bersama momentum paling tepat di saat kopi sedang hangat-hangatnya.

Robin Boe dan Johni Kusno sebagai dua pendiri Otten Coffee melihat jeli kebutuhan pasar akan industri kopi yang bertumbuh ini. Alih-alih berdiam diri menjual biji kopi dan alat kopi secara off-line, pada 2014 keduanya memutuskan untuk menggeser Otten Coffee ke ranah yang lebih besar. Ranah e-commerce!

“Kami memilih meluncurkan Otten Coffee pada 2014 sebagai e-commerce kopi karena melihat kebutuhan pasar akan segala hal yang berhubungan dengan kopi ini. E-commerce memungkinkan kami menjangkau lebih banyak orang. Kami bisa menyebarkan produk-produk dengan lebih mudah. Dan tentu orang-orang di nusantara lebih mudah berbelanja tanpa ada batasan harus datang ke toko offline,” kata Robin Boe saat ditanya kenapa akhirnya Otten Coffee menjadi start up e-commerce pada 2014.

Sejak 2014 hingga hari ini, Otten Coffee dan timnya tak hanya fokus dalam penjualan dan pemasaran saja. Namun ingin sama-sama merangkul semua penikmat kopi dalam satu bendera #MengopikanIndonesia. “Kami bukanlah sebuah e-commerce yang merangkul pengusaha kopi saja, namun juga penikmat kopi rumahan atau home brewer. Harapannya semua orang dapat menikmati kopi dengan cara yang sama.”

Teknologi dalam Kopi

Bukan tanpa alasan kenapa slogan Otten Coffee berbunyi “ngopi dalam sekali klik”.

“Sejak awal memutuskan menjadi e-commerce, kami melihat bahwa begitu banyak peminum kopi yang ingin menggeluti kopi lebih dalam tapi kesulitan dalam mencari di mana membeli alat kopi dan lain-lain. Di sini, peluang tercipta dan dilihat dengan jeli oleh tim kami. Semakin hari, jumlah peminum kopi aktif semakin meningkat. Hal tersebut bisa dilihat dari banyaknya pembelian alat-alat semacam paper filter dan alat kopi regular lainnya.”

Jika tidak ada campur tangan teknologi, mungkin Otten Coffee akan mengalami hambatan dalam bertumbuh. Dan keberhasilan yang dicapai sejauh ini tak lain dan tak bukan karena tim dalam perusahaan ini menolak untuk lengah dan ikut serta berjalan dalam perkembangan yang alurnya begitu cepat melaju.

“Tanpa teknologi, kami adalah sekadar toko kopi yang hanya bisa dijangkau oleh peminum kopi sekitar. Dengan teknologi, tak ada batasan yang berarti untuk siapapun yang membutuhkan alat kopi dari e-commerce ini. Teknologi merobohkan batas-batas dan Otten Coffee ingin lebih dekat dengan siapapun. Dalam jenis ini adalah penikmat kopi.”

Ramalan Perkembangan Kopi ke Depan

Menggenggam begitu banyak informasi dan data tentang jual-beli kopi, kira-kira apa sih trend kopi di masa depan?

“Tren kopi mungkin akan ada yang baru seperti kopi susu kekinian yang berpadu dengan teknologi dan lain-lain. Dan kami percaya beberapa tahun lagi akan ada tren kopi lain. Namun, genre kopi seperti seduh manual dan espresso base akan senantiasa ada dan mungkin belum akan tergerus roda-roda tren kopi ini.” Hal tersebut terbukti dengan naiknya pembelian alat kopi, khususnya manual brew method.

Selagi kopi masih menjadi minuman nomor dua terbanyak yang dikonsumsi manusia di dunia, maka industri kopi nusantara akan tetap berjalan. Dan selagi semua orang mau meningkatkan kebutuhan minum kopinya dari hari ke hari, Otten Coffee akan dengan senang hati menjadi poros bagi berputaran industri ini. Tak hanya sebagai e-commerce, namun sebagai ranah yang mengedukasi semua orang agar mampu menikmati kopi dengan cara setingkat lebih seksi!

Oleh Mustika

 

 

Apa Itu Kopi Super Robusta Gesing?
Pulang: Melihat Kopi Malino Dari Kejauhan


Leave a Comment

0